Senin, 22 Juli 2013

Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa


Walaupun ada hadist yang menyebutkan bahwa bau mulut paling wangi bagi allah swt adalah bau mulut orang yang berpuasa, namun jika kita merupakan orang yang sibuk dan banyak bergaul/berkomunikasi dengan orang lain. tentunya kita tidak ingin kan kalau bau mulut kita mengganggu aktivitas kita tersebut.  

Sedikit tips untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa, silahkan disimak. 

1. Menggosok Gigi Setelah Buka dan Sahur 
Sebenarnya untuk menghilangkan bau mulut, kita cukup menjaga kebersihan dan kesehatan mulut kita, yakni sama dengan kebiasaan sehari-hari yaitu menggosok gigi, namun ketika puasa, sebaiknya tidak menggosok gigi pada siang hari karena sangat rawan akan membatalkan puasa, nah oleh itu gosoklah gigi ketika selesai berbuka, dan selesai bersahur. 

2. Konsumsi Yoghurt 
Robert Meltzer, dokter spesialis aluran cerna dari New York, mengatakan kandungan prebiotik yang ada dalam yogurt ini, yang menyebabkan adanya khasiat yogurt untuk bau mulut. Yogurt memang tidak membunuh bakteri yang ada di dalam mulut, gigi ataupun lidah, tetapi kandungan prebiotiknya mampu menetralisis asam yang terdapat antara mulut dan perut, termasuk dalam tenggorokan dan kerongkongan.

3. Konsumsi Makanan berserat 
Untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Karena makanan berserat dapat memberi gerak pada rongga mulut sehingga gigi akan banyak mengunyah dan itu bisa mengurangi timbulnya bau mulut saat anda berpuasa. 

4. Konsumsi Vitamin C
Perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan atau sayur yang banyak mengandung vitamin C, karena Vitamin c dapat menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri dalam mulut, sehingga dengan kita mengkonsumsi vitamin C saat berpuasa dapat mengatasi masalah bau mulut saat berpuasa, dan ingat Vitamin c disini harus didapatkan dari buah, bukan suplemen karena jika dari suplemen malah akan menghasilkan bau mulut yang lebih parah. 

5. Mengkonsumsi Keju 
Keju kaya akan kalsium, rendah karbohidrat, dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

Saya kira cukup sekian penjelasan mengenai tips menghilangkan bau mulut saat berpuasa, bila ada yang ingin dipertanyakan silahkan post melalui kolom komentar, dan jika dirasa artikel ini bermanfaat mohon di share yah sobat, semoga ibadah puasa kita menjadi sesuatu yang bermanfaat dan barokah :) aminnn

0 komentar:

Posting Komentar

 
eXTReMe Tracker